Halaman

Kamis, 10 Februari 2011

IPv6

Internet Protocol version 6 (IPv6) adalah versi dari Internet Protocol (IP) yang dirancang untuk berhasil Internet Protocol version 4 (IPv4).Internet beroperasi dengan mentransfer data dalam kecil paket yang mandiri diarahkan melalui jaringan sebagaimana ditentukan oleh internasional protokol komunikasi yang dikenal sebagai Internet Protocol.Setiap paket data berisi dua alamat numerik yang asal paket dan perangkat tujuan.Sejak 1981, IPv4 telah menggunakan Internet Protocol publik, dan saat ini merupakan fondasi bagi sebagian besar Internet komunikasi.Pertumbuhan Internet telah menciptakan kebutuhan untuk alamat lebih dari IPv4 telah.IPv6 memungkinkan alamat numerik jauh lebih, tapi beralih dari IPv4 ke IPv6 mungkin merupakan proses yang sulit.

IPv6 dikembangkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF) untuk berurusan dengan jangka diantisipasi kelelahan alamat IPv4 , dan dijelaskan dalam Internet standar dokumen RFC 2460 , yang diterbitkan pada bulan Desember 1998. [1] 3 Sekitar Februari 2011, tingkat atas terakhir blok alamat IPv4 gratis ditugaskan, meskipun banyak alamat gratis masih tetap di blok ditugaskan paling dan akan terus dialokasikan untuk beberapa waktu. [2] Seperti IPv4, IPv6 adalah Internet Layer protokol untuk paket-switched internetworking dan menyediakan end-to -end datagram IP jaringan transmisi di beberapa. Sementara IPv4 memungkinkan 32 bit untuk alamat Internet Protocol , dan karena itu dapat mendukung 2 32 (4294967296) alamat, IPv6 menggunakan 128-bit alamat dan ruang alamat baru mendukung 2 128 (340 undecillion atau 3,4 × 10 38
) Alamat. [Catatan 1] Perluasan ini memungkinkan lebih banyak perangkat dan pengguna di internet serta fleksibilitas ekstra dalam mengalokasikan alamat dan efisiensi untuk routing lalu lintas.Ini juga menghilangkan kebutuhan utama untuk terjemahan alamat jaringan (NAT), yang diperoleh penyebaran luas sebagai upaya untuk mengurangi kelelahan alamat IPv4.Banyak perusahaan terkemuka akan berpartisipasi dalam Hari IPv6 Dunia pada tanggal 8 Juni 2011 sampai dengan test drive IPv6.

IPv6 menerapkan fitur baru tambahan yang tidak hadir dalam IPv4. Ini menyederhanakan aspek penentuan alamat ( alamat konfigurasi otomatis stateless ) dan remunerasi jaringan ( awalan dan pengumuman router ) ketika konektivitas internet penyedia berubah.IPv6 subnet ukuran telah dibakukan dengan menetapkan ukuran bagian host identifier alamat untuk 64 bit untuk memfasilitasi mekanisme otomatis untuk membentuk host identifier dari link layer media informasi pengalamatan ( MAC address ). Jaringan keamanan juga terintegrasi ke dalam desain arsitektur IPv6, dan spesifikasi IPv6 dukungan mandat untuk IPsec sebagai persyaratan interoperabilitas mendasar.

IPv6 tidak mengimplementasikan fitur interoperabilitas dengan IPv4, dan menciptakan dasarnya paralel, jaringan independen.Bertukar lalu lintas antara dua jaringan membutuhkan gateway penerjemah khusus, tetapi komputer modern sistem operasi mengimplementasikan software dual-protokol untuk akses transparan ke kedua jaringan menggunakan ' tunneling '. Pada bulan Desember 2010, meskipun menandai ulang tahun ke-12 sebagai protokol Track Standar, IPv6 hanya dalam masa pertumbuhan dalam hal umum di seluruh dunia penyebaran . Sebuah penelitian di tahun 2008 [3] dengan Google Inc menunjukkan penetrasi yang masih kurang dari satu persen dari Internet-host diaktifkan di negara manapun. IPv6 telah diimplementasikan pada semua sistem operasi utama yang digunakan dalam komersial, bisnis, dan konsumen lingkungan rumah. [4]


sumber : www.wikipedia.org


Tidak ada komentar:

Posting Komentar